Total Tayangan Halaman

Selasa, 06 September 2016

KONSEP DASAR KEBIDANAN KOMUNITAS


1.        Definisi Bidan
      Bidan adalah Seseorang yang telah mengikuti  program pendidikan bidan yang diakui di  negaranya, telah lulus dari pendidikan tersebut, serta memenuhi kualifikasi untuk didaftar/registrasi dan atau memiliki ijin yang sah (lisensi) untuk melakukan praktik bidan. (ICM,2005).
     Bidan diakui sebagai tenaga professional yang bertanggung jawab dan akuntabel, yang bekerja sebagai mitra perempuan untuk memberikan dukungan, asuhan dan nasehat selama masa hamil, masa persalinan dan masa nifas, memimpin persalinan atas tanggung jawab sendiri dan memberikan asuhan kepada bayi baru lahir dan bayi yang mencakup upaya preventif, promotif persalinan normal, deteksi komplikasi pada ibu dan anak dan akses bantuan medis atau bantuan lain yang sesuai serta melaksanakan tindakan kegawat- daruratan. Bidan mempunyai tugas penting dalam konseling dan pendidikan kesehatan, tidak hanya kepada perempuan tetapi juga kepada Keluarga dan Masyarakat. (Depkes RI, 2008)

2.        Pengertian Bidan Indonesia
     Bida Indonesia adalah Seorang perempuan yang lulus dari pendidikan Bidan yang diakui pemerintah dan organisasi profesi di wilayah Negara Republik Indonesia serta memiliki kompetensi dan kualifikasi untuk deregister, sertifikasi dan atau secara sah mendapat lisensi untuk menjalankan praktik kebidanan. (Depkes RI, 2008)

3.        Kebidanan (Midwifery )
   Kebidanan adalah satu bidang ilmu yang mempelajari keilmuan dan seni yang mempersiapkan  kehamilan, menolong persalinan, nifas dan menyusui, masa interval dan pengaturan kesuburan,  klimakterium dan menopause, bayi baru lahir dan balita, fungsi

4.        Pelayanan Kebidanan ( Midwifery Service )
    Pelayanan Kebidanan adalah bagian integral dari system pelayanan kesehatan yang diberikan oleh bidan yang telah teregistrasi, yang dapat dilakukan secara mandiri, kolaburasi atau rujukan.(Depkes RI, 2008)

5.        Praktik Kebidanan
     Praktik Kebidanan adalah Implementasi dari ilmu kebidanan oleh bidan yang bersifat otonom kepada perempuan, keluarga dan komunitasnya yang didasari oleh etika dan kode etik bidan.(Depkes RI, 2008)

6.        Asuhan Kebidanan
     Asuhan Kebidanan adalah proses pengambilan keputusan dan tindakan yang dilakukan oleh bidan sesuai dengan kewenangan dan ruang lingkup praktiknya berdasarkan ilmu dan kiat kebidanan. Asuhan Kebidanan merupakan penerapan fungsi dan kegiatan yang menjadi tanggung jawab dalam memberikan pelayanan kepada klien yang mempunyai kebutuhan/masalah dalam bidang kesehatan ibu pada masa hamil, nifas, bayi setelah lahir serta keluarga berencana. (Depkes RI, 2008).

7.        Asuhan Kebidanan Keluarga
      Asuhan Kebidanan Keluarga adalah serangkaian kegiatan yang merupakan implementasi dari ilmu kebidanan yang diberikan melalui praktik kebidanan dengan sasaran keluarga dan ditujukan untuk mengatasi masalah kesehatan yang dialami keluarga dengan pendekatan asuhan kebidanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar